Mengenal Buah Keres Serta Manfaatnya

  • Bagikan
Mengenal Buah Keres Serta Manfaatnya
Mengenal Buah Keres Serta Manfaatnya

Pengetahuan – Apa kamu tahu buah keres atau buah ceri?

Siapa yang tak kenal buah keres? Buah yang dijuluki ceri-nya Indonesia ini sangat mudah ditemukan, termasuk di halaman dan tepi jalan.

Namun, meski mudah dijumpai, buah mungil ini kerap diabaikan dan dianggap tak bernilai. Padahal, ada banyak manfaat buah keres bagi kesehatan.

Sekilas tentang Buah Keres

Pohon keres adalah tanaman yang berasal dari daerah Amerika Latin. Tanaman bernama ilmiah Muntingia calabura tersebut dapat ditemukan di hampir seluruh negara tropis.

Nama buah ini pun berbeda-beda disetiap daerah, misalnya di daerah Banten disebut dengan buah ceri, di Jawa disebut kersen, talok, Gresik menyebut keres, dan di Madura biasanya disebut baleci atau beleci.

Misalnya saja di Meksiko, Jamaika, India, Filipina, termasuk Indonesia. Namanya pun berbeda tiap negara. Ada yang menyebutnya jamaica cherry, aratiles, kersen, kerson fruit, ataupun ceri lokal.

Melansir dari SehatQ.com berikut kandungan dan manfaat buah keres

Dalam 100 gram buah keres, mengandung nutrisi seperti berikut:

– Air: 77.8 gram
– Protein: 0.324 gram
– Lemak: 1.56 gram
– Serat: 4.6 gram
– Kalsium: 124.6 miligram
– Fosfor: 84 mg
– Zat besi: 1.18 mg
– Karoten: 0.019 mg
– Vitamin B1: 0.065 mg
– Vitamin B2: 0.037 mg
– Niasin: 0.054 mg
– Vitamin C: 80.5 mg

Baca Juga  Kenapa Penyintas COVID-19 Harus Divaksin Usai 3 Bulan?

Penelitian juga mengungkap bahwa buah keres memiliki banyak kandungan yang baik jika dimanfaatkan bagi kesehatan manusia. Kandungan tersebut meliputi asam askorbat, serat, niasin dan betakaroten; serta fitokimia seperti flavonoid, tannin, triterpene, saponin, dan polifenol.

Manfaat buah keres untuk kesehatan

Berdasarkan kandungan nutrisinya, manfaat buah keres atau ceri yang dapat Anda nikmati bersama dengan rasa manisnya adalah:

1. Sumber antioksidan

Manfaat buah keres berupa antioksidan didapat dari kandungan flavonoid, seperti flavon, flavonon, flavan, dan biflavan. Flavonoid ini juga dapat mendatangkan khasiat lain pada buah kersen, yakni antimikrobia, antivirus, antihipertensi, merangsang pembentukan estrogen, hingga mengobati gangguan fungsi hati.

2. Anti peradangan

Kali ini, khasiat buah keres datang dari kandungan saponin di dalamnya. Saponin merupakan glikosida alami yang terikat dengan steroid alkaloid atau triterpena serta memiliki efek farmakologis seperti imunomodulator, antitumor, hingga anti peradangan.

Saponin juga dapat membasmi jamur dan virus yang masuk ke tubuh. Kandungan ini juga dipercaya dapat menurunkan kolesterol sehingga manisnya buah keres aman dinikmati pula oleh orang yang mengidap kolesterol tinggi.

3. Mengatasi diabetes

Menurut penelitian, buah keres mengandung gula jenis fruktosa (0,918 gr/ml), glukosa (0,661 gr/ml), dan sukrosa (0,351 gr/ml). Buah kersen juga mengandung karbohidrat 7,55 gram dalam 100 gram buahnya. Kandungan gula alami ini aman dikonsumsi sebagai alternatif pengganti gula tebu bagi penderita diabetes.

Baca Juga  Kenapa Kamu Diincar Nyamuk? Ada Alasan Ilmiahnya

Kandungan vitamin C, beta karoten, vitamin B kompleks pada buah keres juga bermanfaat untuk mengatur gula darah dalam tubuh. Manfaat buah kersen untuk diabetes adalah dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah agar tetap normal.

4. Sumber vitamin C

Buah keres juga kaya akan vitamin C sehingga sangat baik untuk mendukung kesehatan manusia secara keseluruhan. Vitamin C sendiri terbukti dapat mencegah kerusakan sel-sel akibat paparan radikal bebas serta menghambat munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti kulit keriput dan muncul garis-garis halus pada wajah.

5. Berpotensi ampuh mengatasi sakit kepala

Manfaat buah keres yang tak boleh dilupakan ialah mengatasi sakit kepala akibat penyempitan pembuluh darah.

Sebab, buah keres dipercaya bisa mengendurkan pembuluh darah sehingga darah bisa mengalir normal kembali. Hasilnya, sakit kepala dapat diatasi. Namun ingat, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan manfaat buah keres yang satu ini.

6. Membantu mengatasi rasa nyeri

Manfaat buah ceri keres lainnya adalah membantu meredakan nyeri, seperti sakit akibat radang sendi atau asam urat. Ini karena kandungan buah keres yang tinggi antioksidan, seperti vitamin C yang dapat berfungsi untuk menghambat rasa nyeri.

Baca Juga  Ciri - Ciri Nyamuk Demam Berdarah (DBD) yang Perlu Kita Ketahui

7. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi yang dapat menyebabkan berbagai risiko kesehatan yang serius, seperti stroke dan serangan jantung. Kandungan oksida nitrat dalam buah keres dikenal dapat mengatasi penyakit tekanan darah tinggi ini karena dapat membantu pembuluh darah untuk lebih rileks.

Para ahli juga telah berhasil membuktikan khasiat buah keres yang satu ini. Penelitian menyebutkan bahwa oksida nitrat memiliki peranan penting untuk menurunkan tekanan darah.

8. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Manfaat buah keres untuk asam lambung, heartburn, hingga mual dan muntah juga tidak boleh diremehkan. Buah yang satu ini dikenal baik untuk sistem pencernaan, karena mengandung anti bakteri dan bersifat anti inflamasi.

Bahkan, penelitian telah membuktikan manfaat buah ceri keres untuk kesehatan saluran pencernaan tersebut. Namun, para ahli perlu melakukan penelitian lebih lanjut terkait khasiat buah keres yang satu ini. Pasalnya, penelitian tersebut baru dilakukan pada hewan.

Manfaat buah keres lainnya adalah untuk meredakan asam urat, namun klaim ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Di sisi lain, efek samping maupun kontraindikasi buah keres juga belum banyak diketahui sehingga Anda tetap disarankan untuk tidak mengonsumsi buah ini secara berlebihan.

Sumber: SehatQ.com

Berikan Komentar Anda
  • Bagikan