Perbedaan Laptop dan Notebook yang Jarang Diketahui

  • Share
Perbedaan Laptop dan Notebook yang Jarang Diketahui
Ilustrasi perbedaan laptop dan notebook(KOMPAS.com/Gischa Prameswari)

Techno – Perangkat komputer merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia modern. Laptop dan notebook adalah perangkat komputer yang praktis untuk di bawa kemana-mana, namun tetap dapat membantu berbagai kegiatan manusia.

Laptop dan notebook seringkali dianggap sebagai satu barang yang sama, namun keduanya adalah barang yang berbeda. Berikut adalah perbedaan laptop dengan notebook, yaitu:

  • Penemuan


Dilansir dari HP Development Company, laptop pertama kali diciptakan oleh Adam Osborne pada tahun 1981 sebagai perangkat komputer portable yang ideal untuk pebisnis yang sering berpergian.

Adapun netbook diciptakan oleh NEC UltraLife pada tahun 1989 dalam bentuk yang lebih ringan dan kecil untuk kegunaan komputasi pribadi.

  • Ukuran


Walaupun memiliki bentuk yang hampir sama, laptop dan notebook memiliki ukuran yang berbeda. Laptop biasanya lebih berat dibanding dengan notebook, ukuran layar laptop juga lebih besar dibanding notebook.

Baca Juga  Ini Alasan Motor Zaman Sekarang Tidak Pakai Kick Starter

Layar laptop memiliki rentang ukuran 14 hingga lebih dari 18 inci, adapaun layar notebook memiliki rentang ukuran yang lebih kecil yaitu 7 hingga 18 inci saja.

  • Daya pemrosesan


Laptop memiliki daya pemrosesan yang lebih tinggi daripada notebook. Laptop memiliki daya pemrosesan yang setara dengan komputer desktop. Adapun notebook memiliki daya pemrosesan yang lebih rendah, karena memiliki CPU yang lebih rendah.

  • Sistem pendinginan


Laptop memiliki kipas di dalam mesinnya, sedangkan notebook tidak. Dilansir dari Electronics Hub, daya pemrosesan yang tinggi membangkitkan panas sehingga laptop memerlukan sistem pendeingin berupa kipas.

Daya pemerosesan notebook yang lebih rendah membuat notebook tidak menghasilkan banyak panas. Sehingga notebook tidak memiliki kipas di dalam mesinnya. Namun jika digunakan dalam janbook lebih cepat panas.

  • Kualitas grafis
Baca Juga  WhatsApp Punya Fitur Baru untuk HP Android


Laptop memiliki kualitas grafis yang lebih bagus daripada kualitas grafis notebook. Hal tersebut membua laptop bisa digunakan untuk desain grafis, sedangkan notebook tidak.

  • DVD Drive


Dilansir dari GeeksforGeeks, laptop biasanya dilengkapi oleh DVD drive yang bisa memutar file dalam kepingan DVD, namun notebook tidak memiliki DVD drive. Untuk memutar kepingan DVD, notebook bisa menggunakan DVD drive eksternal yang dihubungan ke notebook melalui port USB.

  • Baterai


Daya pemrosesan notebook yang rendah membuat penggunaan baterainya lebih hemat. Adapun laptop dengan daya pemrosesan yang tinggi, lebih cepat menguras daya baterai jika dibandingkan dengan notebook.

Seiring dengan berjalannya waktu, daya baterai laptop akan berkurang. Namun, pengurangan daya baterai pada notebook berjalan jauh lebih lambat dari pada laptop. Hal tersebut membuat baterai notebook jauh lebih awet daripada baterai laptop.

  • Harga
Baca Juga  WhatsApp uji coba nada panggilan baru dan pesan kedaluwarsa


Daya pemrosesan laptop yang besar berasal dari prosesor, RAM, dan kartu grafis berkualitas tinggi. Perangkat keras berkualitas tinggi tersebut membuat harga laptop menjadi mahal. Sebaliknya, harga notebook jauh lebih murah karena daya pemrosesannya yang lebih rendah

Sumber: Kompas.com

Berikan Komentar Anda
  • Share