Polres Gresik Bersama PWI Gelar Pelatihan Jurnalistik Kepada Pelajar SMA

Polres Gresik Bersama PWI Gelar Pelatihan Jurnalistik Kepada Pelajar SMA

Gresik – Polres Gresik bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Gresik memberikan pelatihan jurnalistik kepada pelajar SMA. Sekaligus sebagai lomba live report rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2022.

Hadir dalam kesempatan tersebut, 10 finalis yang terdiri dari puluhan pelajar. Di antaranya dari SMA Negeri 1 Gresik, SMA NU 2 Gresik, MAN 1 Gresik dan lain sebagainya. Sejumlah guru pendamping.

Ketua Panitia Pelaksana HPN 2022 PWI Gresik Deni Ali Setiono menyampaikan apresiasinya kepada para finalis yang telah masuk dalam 10 besar.

“Melalui lomba ini dapat memberikan pengalaman baru di bidang jurnalistik. Sehingga pelajar lebih kenal dan tertarik untuk menggelutinya. PWI Gresik konsisten menyelenggarakan lomba di bidang jurnalistik untuk memeringati Hari Pers Nasional setiap tahunnya. Dan sasarannya adalah pelajar. Hal ini sebagai edukasi dan memberikan pengalaman langsung bagi para pelajar terkait kehidupan jurnalistik,” papar Deni.

Baca Juga  Antisipasi Omicron, Penghuni Rutan Wajib Vaksin

Pihaknya juga menyampaikan rasa terima kasih atas kerjasama dengan Polres Gresik.

Puluhan pelajar SMA mendapatkan materi jurnalistik sekaligus technical meeting 10 finalis Live Report Competition HPN di  Aula Media Center Polres Gresik, Senin (14/03/2022).

Salah satu dewan juri, Sholihul Huda menuturkan ajang Live Report Competition mengungkapkan kegiatan lomba di bidang jurnalistik rutin diselenggarakan setiap tahun. Tahun 2022 ini, tentang laporan langsung di lapangan atau live report.

“Tahun 2021 lalu PWI Gresik menggelar lomba baca berita, sekarang kita tingkatkan lagi levelnya lomba live report atau laporan langsung di lapangan. Tentu tantangannya lebih dari sebelumnya, tapi saya yakin ini bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan jurnalistik para pelajar,” ujarnya.

Baca Juga  Wakapolda Jawa Timur Tinjau Vaksinasi Anak di SDN 51 Gresik

Menurutnya, kegiatan seperti ini rutin dilakukan dalam rangka memberikan pemahaman jurnalistik sejak dini. Ini juga wujud perhatian PWI Gresik dalam menghidupkan iklim jurnalistik di dunia pendidikan.

Wartawan Metro TV itu juga menyampaikan sejumlah materi. Seperti Live On Tape (LOT), Live On Cam (LOC) dan berbagai kategori liputan di lapangan. Tidak ketinggalan, sejumlah tips mencari data di lapangan dan cara melaporkan berita dipaparkannya dengan gamblang. Alhasil seluruh peserta tampak antusias.

Pengumuman pemenang bakal dilakukan tanggal 22 Maret 2022. Dan penyerahan piala dan hadiah dilangsungkan bersamaan dengan malam puncak HPN 2022 yakni Anugerah Giri Pancasuar Award (GPA) pada 24 Maret 2022.

Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis melalui Kasi Humas Ipda Wiji menambahkan pihaknya senantiasa menyambut awak media dan para pelajar. Melalui program kehumasan Polres Gresik.

Baca Juga  Tren Covid-19 naik, Gresik Kembali Masuk Level 2, PTM 50 Persen

“Melalui program kehumasan. Konsep berkoordinasi dengan PWI,” ucap Ipda Wiji.

Berikan Komentar Anda