Resep Pudak Gresik Lengkap Sederhana Spesial Asli Enak

  • Share
Pudak khas Gresik

Jajanan kue atau makanan khas Gresik, Jawa Timur ini dikemas dengan menggunakan OPE atau kulit dari pohon lontar semakin nikmat rasanya dan aroma yang khas Pudak Gresik. Pada awalnya terdapat 3 macam pudak antara lain; pudak putih (berbahan gula pasir), pudak merah (berbahan gula merah), dan pudak sagu (berbahan sagu).

Kemasan kue pudak ini memiliki bentuk yang khas karena bahan pembungkusnya yang mulai sulit didapatkan dan proses pembuatan pun tidak sederhana. Sebelumnya digunakan, pangkal daun pinang harus disamak terlebih dahulu untuk memisahkan kulit dalam dan kulit luar. Untuk membungkus pudak, hanya kulit bagian dalam yang digunakan karena lebih tebal dan halus sedangkan kulit bagian luar dibuang.

Menurut situs Wikipedia. Pudak adalah makanan atau kue Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Indonesia. Makanan ini terbuat dari bahan tepung beras, gula pasir/gula jawa dan santan kelapa yang dimasukkan kemasan yang disebut “Ope” yaitu pelepah daun pinang.

Pudak juga ada yang berbahan sagu dan disebut Pudak Sagu. Pada perkembangannya, ragam pudak tidak terbatas 3 rasa macam saja seperti sebelumnya: pudak putih (gula pasir), pudak merah (gula jawa) dan pudak sagu malah sekarang ada pudak jagung dari bahan jagung. Oleh kreatifitas pembuat kue pudak untuk merebut pasar, maka ragam dan rasa pudak pun bertambah, diantaranya pudak pandan yang berwarna hijau dan harum karena campuran sari daun pandan.

Disamping rasa yang khas, bentuk kemasan pudak tidak ada yang menyamai di antara jajanan manapun. Dari bahan yang sudah mulai langka, pembuatannya pun tidak sederhana. Pangkal pelepah daun pinang harus disamak lebih dahulu untuk memisahkan kulit luar dan kulit dalam. Kulit bagian dalam inilah yang dimanfaatkan. Setelah dibersihkan dan dipotong-potong sesuai ukuran, kemudian dilipat dan dijahit dengan alur seperti huruf L tanpa sudut, sehingga sisi dan dasarnya tertutup dan membentuk ruang seperti gelas. Setelah adonan dituangkan, ujung kemasan yang terbuka dikuncupkan dan diikat. Baru dikukus.

Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi pudak sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka pudak oleh-oleh khas Gresik.

RESEP PUDAK GRESIK

BAHAN :

  1. 500 gram tepung beras selep (beras direndam semalaman tiriskan dan jadikan tepung)
  2. 200 gram gula pasir
  3. 1/2 sdt vanili bubuk
  4. 1/4 sdt garam
  5. 100 gram sari daun pandan suji
  6. 1400 gram santan kelapa dari 2 butir kelapa

CARA MEMBUAT PUDAK GRESIK :

-Didihkan santan 1000 gram, sisihkan.

-Campur tepung beras,gula,garam,air daun pandan suji.

-Siram dengan santan panas aduk hingga rata lumer halus tidak bergerindil setelah rata masukkan santan dingin dan vanili.

-Masukkan/Cetak adonan kedalam OPE, lalu kukus hingga 1 jam.

-Jika dirasa sudah matang, tiriskan, ikat, lalu gantung pudak.

-Sajikan.

Kue pudak bisa dikatakan merupakan kue tradisi, karna tradisi warga Gresik jika ada hajat lamaran kue pudak pasti masuk dalam hajat lamaram tersebut.

Demikian tips yg kami sampaikan, semoga bermanfaat.


Jangan lupa dishare ke grup media sosial lainnya yaa.

Selamat mencoba. Terima kasih.

Berikan Komentar Anda
  • Share