Wajib Dihindari, 5 Makanan Ini Bisa Picu ‘Heartburn’

  • Bagikan
Ilustrasi heartburn. (Pixabay)

Heartburn merupakan kondisi perih dan panas seperti terbakar pada dada. Heartburn disebabkan oleh asam lambung yang naik dari lambung ke bagian kerongkongan (eskofagus). Hal ini membuat munculnya rasa terbakar di perut bagian atas atau dada bagian bawah. Kondisi heartburn bisa semakin buruk, apabila Anda sedang berbaring, membungkuk, atau makan berlebih.

Meskipun tidak terlalu berbahaya, tetapi apabila terjadi terus-menerus, tentu akan berakibat buruk terhadap kesehatan Anda. Selain itu, kondisi heartburn juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Terlebih lagi, apabila Anda terlalu sering mengonsumsi obat asam lambung untuk mengobati heartburn, dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Perubahan gaya hidup dan asupan makanan Anda, dapat mengurangi risiko terkena heartburn.

Baca Juga  Sakit Seusai Vaksin, Belum Pasti KIPI, Diagnosa Awal Mengarah ke TB

Berikut 5 makanan pemicu heartburn yang wajib Anda hindari, mengutip dari Boldsky :

1.Cokelat

Meskipun baik untuk meningkatkan mood, cokelat dapat menyebabkan heartburn. Cokelat memiliki efek relaksasi pada otot perut, sehingga dapat menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.

Selain itu, kandungan serotonin dalam cokelat juga memberikan efek yang sama. Cukup dengan tidak mengonsumsi cokelat secara berlebihan, itu tidak akan memengaruhi kesehatan Anda.

2.Bawang

Mengonsumsi bawang mentah, dapat memberikan efek mulas, karena senyawa dalam bawang dapat mengendurkan otot perut sehingga menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan. Selain itu, bawang kaya akan serat yang dapat menyebabkan sendawa, rasa mulas, dan naiknya asam lambung.

3.Kopi

Kopi mengandung kadar asam yang tinggi dan juga kafein, hal ini dapat menyebabkan kondisi heartburn sesaat setelah Anda meminum secangkir kopi. Kopi dianggap sebagai salah satu makanan utama yang dapat memicu heartburn, karena kopi juga telah terbukti memberikan efek rileks pada otot perut, sehingga menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.

Baca Juga  Gus Yani Ajak BPN dan BBWS Bahas Banjir Kali Lamong di Gresik

Cara terbaik untuk meminimalisir kondisi heartburn adalah, dengan mengurangi penggunaan pemanis pada kopi.

4.Peppermin

Siapa sangka peppermin sebenarnya dapat meningkatkan gejala heartburn. Jika Anda memiliki kebiasaan mengunyah peppermint setelah makan, sudah saatnya Anda menghentikan kebiasaan itu, karena dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung.

Meskipun mereka ‘diketahui’ menenangkan sistem pencernaan, penelitian telah menemukan bahwa mint dalam dosis tinggi dapat memicu rasa mulas dan asam lambung.

5.Alkohol

Semua macam minuman beralkohol dapat menjadi penyebab timbulnya kondisi heartburn. Tapi, efeknya sendiri akan berbeda-beda pada setiap orang. Oleh karena itu, kurang bahkan berhentilah konsumsi alkohol dan cek kondisi kesehatan Anda seperti apa.

sumber: ayobandung

Berikan Komentar Anda
  • Bagikan