Dikenal Beracun, Ikan Sembilang Juga Memiliki Manfaat Loh

  • Share

Pengetahuan – Ikan sembilang atau eel tailed catfish mungkin masih terdengar asing bagi kebanyakan orang. Tapi perlu dietahui bahwa ikan yang masuk dalam kelompok ikan berkumis ini merupakan jenis ikan yang beracun.

Ikan sembilang tergolong predator ikan-ikan kecil. Habitat ikan ini di laut atau di muara sungai. Terdapat dua jenis ikan sembilang, yaitu sembilang batu yang hidup di celah batu, lal sembilang lubang yang hidup di lubang-lubang buatannya sendiri.

Ikan sembilang memiliki ciri khusus pada bagian siripnya. Sirip punggung kedua, sirip anus, dan sirip ekor ikan sembilang menyatu yang membuat bentuk badannya panjang tanpa sisik.

Selain itu, ikan sembilang juga memiliki patil seperti ikan lele. Patil inilah yang mengandung racun. Efek racun pada patil ikan sembilang bisa membuat korbannya merasakan nyeri yang luar biasa, jantung berdebar, dan badan terasa panas dingin.

Baca Juga  Menakjubkan Foto Planet Jupiter Dari Jarak Dekat

Meski beracun, berdasarkan postingan dari instagram resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan RI @kkpgoid, ikan Sembilang ternyata memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh. kandungannya gizinya antara lain protein, fosfor dan asam lemak omega 3 yang tinggi serta karbohidrat dan lemak yang rendah.

Dibalik racun yang dimiliki oleh ikan ini ada hal baik yang juga kita bisa manfaatkan, berikut adalah beberapa manfaat yang dihasilkan dari ikan Sembilang untuk tubuh:

1. Mengurangi kolesterol tinggi

2. Baik untuk pembentukan sel otak

3. Menurunkan tekanan darah

4. Bagus untuk pertumbuhan anak

5. Mengurangi rasa nyeri saat haid

6. Mempu mempercepat proses kehamilan

7. Baik untuk kesehatan jantung

Baca Juga  Minum Jus Wortel Juga Bisa Kendalikan Tekanan Darah dan Kolesterol

8. Mencegah penggumpalan darah

9. Mengurangi penyumbatan pembuluh darah atau Arterosklerosis

10. Mengontrol lemak dalam tubuh


Itulah beberapa manfaat ikan sembilang yang beracun. Tertarik untuk mengkonsumsi? Hati-hati dengan patilnya ya.

Sumber: sariagri.com

Berikan Komentar Anda
  • Share