Habis Olahraga, Lebih Baik Mandi dengan Air Dingin atau Hangat?

  • Bagikan

Gresik – Setelah berolahraga, otomatis badan berkeringat dan kulit “dihinggapi” kotoran. Pastinya, mandi setelah berolahraga adalah kegiatan yang sangat menggoda.

Bayangkan saja segarnya mandi di bawah kucuran air dingin atau air hangat, ditambah dengan sabun yang bisa membersihkan kulit kita. 

Mandi dengan air dingin atau hangat setelah olahraga, ternyata memiliki manfaatnya masing-masing. Mari mulai dengan mengetahui manfaat mandi setelah olahraga, dengan air dingin terlebih dahulu.

Mungkin kamu pernah melihat atlet yang berendam dengan air berisikan es batu, sebagai cara untuk membuat tubuhnya rileks, setelah bertanding atau berlatih.

Jika tidak memungkinkan, kamu tidak perlu mandi dengan air dingin yang berisikan es batu layaknya atlet. Cukup turunkan saja temperatur airnya.

Baca Juga  Jum'at Yang Cerah, Polsek Kedamean Kerja Bakti Bersihkan Masjid Besar Darussalam

Apa saja manfaat mandi setelah olahraga, dengan air dingin itu?

Mempercepat proses penyembuhan otot

Setelah berolahraga, tentu saja otot dipaksa untuk kerja ekstra. Mandi dengan air dingin ternyata bisa mempercepat proses penyembuhan otot, serta mengurangi peradangan otot, setelah olahraga.

Perlu diketahui, mengurangi peradangan otot dengan mandi air dingin, bisa meminimalisir kemungkinan nyeri otot, pada keesokan harinya.

Membuat otot rileks

Tidak hanya mempercepat proses penyembuhan otot, mandi setelah olahraga, dengan air dingin, juga bisa membuat otot rileks. Apalagi, jenis bila olahraga yang dilakukan sangat menguras tenaga, seperti angkat beban misalnya.

Dengan mandi air dingin ini, otot-otot bisa “diperbaiki” dan tidak merasa sakit, keesokan harinya.

Berikan Komentar Anda
  • Bagikan