Kelirukah Ucapkan Gong Xi Fa Cai saat Imlek? Begini Kata Yang Tepat

Kelirukah Ucapkan Gong Xi Fa Cai saat Imlek? Begini Kata Yang Tepat
Kelirukah Ucapkan Gong Xi Fa Cai saat Imlek? Begini Kata Yang Tepat

Gresspedia Gresik  – Inilah arti kalimat Gong Xi Fa Cai sebenarnya yang biasa diucapkan saat perayaan Imlek.

Perayaan tahun baru China alias Imlek 2022 jatuh pada Selasa (1/2/2022) hari ini.

Ada beberapa hal yang biasa dilakukan sebagian kalangan untuk merayakan tahun baru Imlek 2022.

Satu di antaranya dengan saling berbagi ucapan selamat tahun baru.

Saat perayaan Imlek, lazim kita mendengar orang-orang mengucapkan Gong Xi Fa Cai untuk mengucapkan selamat tahun baru Imlek.

Banyak yang meyakini, Gong Xi Fa Cai merupakan bahasa Mandarin dari Selamat Tahun Baru Imlek.

Padahal, artinya bukan itu loh.

Grestizen tahu gak? Mengucapkan Gong Xi Fa Cai sebenarnya sama sekali tidak ada hubungannya dengan Imlek. bahwa kata itu sebenarnya tidak memiliki representasi yang kuat dari “Selamat Tahun Baru Imlek”.

Baca Juga  Apa itu Logam Tanah Jarang? Potensi Keberadaannya di Lumpur Lapindo

Ucapan tersebut justru memiliki arti lain yang berhubungan dengan harapan dan kemakmuran. ‘Gong Xi‘ memiliki arti ‘selamat’, sementara ‘Fa Cai‘ memiliki arti kemakmuran atau kesejahteraan atau menghasilkan uang.”

Jadi bisa diartikan Gong Xi Fa Cai atau Kiong Hi Fa Cai memiliki makna ‘Selamat semoga kaya’.

Ucapan Gong Xi Fa Cai lebih cocok diucapkan bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia bisnis. Biasanya kata-kata ini digunakan oleh para pebisnis ketika hendak menyapa rekan kerja atau mitra bisnis selama Imlek.

Gong Hei Fat Choy adalah bahasa Kanton untuk mengucapkan frasa dan bahasa Mandarin atau China ucapan tersebut berubah menjadi Gong Xi Fa Cai (diucapkan Gong She Fa Tsai).

Baca Juga  LPG itu Cair Loh, Kadang Tabungnya Berembun Hingga Membeku Seperti Es

Bahasa Kanton pada umumnya digunakan di Guangdong dan daerah sekitarnya termasuk Hong Kong. Namun di tempat lain seperti China daratan dan Taiwan bahasa Mandarin lebih familiar digunakan.

Perlu diketahui bahwa ucapan Gong Xi Fa Cai pada saat perayaan Imlek sifatnya universal. Pasalnya, populasi etnis Tionghoa  bukan hanya ada di Indonesia, tapi juga ada di negara-negara lainnya.

Setelah mengetahui makna asli Gong Xi Fa Cai yang selama ini banyak membuat keliru, maka sebagai gantinya Grestizen bisa menggunakan kalimat Xi Nian Kuai Le untuk mengucapkan Imlek kepada kerabat yang merayakan.

Xi Nian memiliki arti tahun baru, sementara Kuai Le memiliki makna bahagia. Jika digabung artinya ‘Semoga Bahagia di Tahun yang Baru’.

Baca Juga  Beberapa Penyebab Makanan Cepat Basi

Ucapan yang lebih formal dan sangat cocok diucapkan saat bertemu dengan orang asing adalah Xi Nian Hao. Xi Nian memiliki arti selamat tahun baru, sementara Hao artinya bagus. Xi Nian Hao memiliki makna ‘Semoga Menjadi Tahun Baru yang Baik’.

Jika Anda masih kurang cocok dengan dua ucapan tersebut, bisa menggunakan ucapan lain yakni Guo Nian Hao. Guo sendiri memiliki arti rejeki, Nian artinya tahun dan Hao artinya bagus. Guo Nian Hao memiliki makna ‘Selamat Tahun baru dan Mendapat Rejeki yang Bagus

Gresspedia Gresik mengucapkan Xi Nian Hao Gong Xi Gong Xi

Berikan Komentar Anda
error: Content is protected !!