LPG itu Cair Loh, Kadang Tabungnya Berembun Hingga Membeku Seperti Es

LPG itu Cair Loh, Kadang Tabungnya Berembun Hingga Membeku Seperti Es

Pengetahuan – Grestizen sering mendengar istilah LPG dalam kehidupan sehari-hari kita, terutama bagi ibu rumah tangga pasti tak asing lagi buat mereka, karena LPG ini akan digunakan sebagai bahan bakar kompor gas untuk memasak.

Banyak dari kita belum mengetahui bahwa LPG itu gas atau cairan sebenarnya. Dan banyak sebagian dari kita menganggap di dalam tabung berisi gas murni, bahkan kadang tabung mengembun ataupun membeku seperti es kita panik mengetahui hal tersebut.

Dikutip dari laman migas.esdm.go.id LPG (liquefied petroleum gas) adalah gas bumi yang dicairkan dengan komponen utama propana (C3H8) dan butana (C4H10). Menurut jenisnya, LPG dikelompokkan menjadi LPG propana, LPG butana dan LPG campuran (mix) yang merupakan campuran dari kedua jenis LPG tersebut. LPG dapat dari penyulingan minyak mentah atau dari kondensasi gas bumi dalam kilang pengolahan gas bumi.

Baca Juga  Tahukah Kalian Kode 2B, HB di Pensil, Ini Loh Artinya

LPG (Liquified Petroleum Gas) secara bahasa dapat diartikan sebagai gas minyak bumi yang dicairkan. Dapat diketahui dari namanya saja Liquified Petroleum Gas, menunjukkan bahwa dia berbentuk liquid atau cairan.

Sebenarnya, LPG akan berbentuk gas pada kondisi atmosfer, namun karena bentuk cair akan menjadi lebih kecil dibandingkan dalam bentuk gas dengan berat yang sama.

Pencairan gas bumi menjadi LPG dimaksudkan untuk memecahkan masalah pengangkutan ke konsumen karena volume LPG jauh lebih kecil dari volume gasnya. Untuk mempertahankan gas LPG agar tetap cair pada suhu kamar, LPG harus disimpan dalam tangki bertekanan (pressurized tank).

Baca Halaman Selanjutnya [Mengapa tabung gas bisa berembun dan kadang membeku seperti es?]

Berikan Komentar Anda
error: Content is protected !!