Mengapa Bintang Tampak Berkedip di Malam Hari?

  • Bagikan

Pengetahuan – Di malam hari yang cerah, Grestizen pasti sering melihat bintang di langit tampak berkedip-kedip.

Sebenarnya apa yang menyebabkan bintang tersebut tampak berkedip?

Sebenarnya, bintang di langit tidak berkedip. Fenomena bintang berkedib tak jauh beda dengan sebutir koin di dasar kolam renang. Jika kita lemparkan koin ke kolam renang hingga koin itu menyentuh dasar kolam, koin akan tampak bergelombang. Hal itu terjadi karena air di kolam membelokkan cahaya yang dipantulkan dari koin.

Bintang merupakan salah satu benda langit yang dapat memancarkan cahayanya sendiri. Bintang terbentuk dari awan gas panas yang dihasilkan ketika alam semesta terbentuk. Akibat gravitasi menarik ke arah dalam dan menjadikannya bola besar.

Baca Juga  Sama-Sama Senang Mengisap Darah, Apa Bedanya Lintah dan Pacet?

Warna pada bintang sendiri memiliki ragam jenis yang tergantung dari suhunya. Atom gas panas dalam bintang mengeluarkan partikel-partikel cahaya yang biasa disebut dengan foton.

Semakin panas gas tersebut, maka semakin tinggi energi foton dan semakin pendek pula panjang gelombang cahayanya. Bintang paling panas dan paling muda akan mengeluarkan cahaya putih kebiruan.

Sedangkan bintang tua yang mulai mendingin biasanya mengeluarkan cahaya merah. Dan bintang setengah baya, seperti matahari kita, bersinar kuning.

Bumi kita dilapisi oleh lapisan atmosfer yang yang terdiri dari berbagai gas. Saat cahaya bintang masuk ke atmosfer kita, udara akan membiaskan cahaya tersebut dengan tingkat yang berbeda-beda, tergantung dari kerapatannya.

Baca Juga  Sejarah Hari Kebangkitan Nasional

Perubahan intensitas inilah yang menyebabkan bintang yang kita lihat tampak berkedip-kedip pada malam hari.

Berikan Komentar Anda
  • Bagikan