Rasa Pedas Cabai Bukan dari Biji loh, Tapi Bagian Ini Ternyata

Rasa Pedas Cabai Bukan dari Biji loh, Tapi Bagian Ini Ternyata

Pengetahuan – Cabai atau Lombok sudah menjadi bahan masakan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan banyak orang, karena tumbuhan ini memiliki cita rasa tersendiri jika dinikmati dengan bahan makanan lain. Rasa pedas cabai juga membuat sebagian besar orang makan lebih lahap dan bahkan membuat makanan jauh lebih nikmat.

Jika Anda penggemar cabai, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai cabai, seperti dikutip dari laman Mashed.

Rasa pedas bukan berasal dari biji cabai

Banyak yang mengira bahwa dengan membuang biji cabai dapat mengurangi rasa pedasnya, padahal rasa pedas tersebut berasal dari capsaicin yang terdapat dalam kulit dan rangka cabai. Jadi, tidak ada gunanya membuang biji cabai untuk mengurangi rasa pedas tersebut.

Baca Juga  Bukan Alumunium, Ini Arti Sebenarnya dari Kata Alloy

Maka dari itu, cabai kecil jauh lebih pedas daripada cabai besar, karena membran putih menjadi semakin dekat dengan ujung pada cabai yang ukurannya kecil dibanding cabai besar.

🌶 Kaya vitamin

Meskipun pedas dan bisa membakar mulut dan perut, cabai memiliki kebaikan seperti kandungan vitamin A, B6, C dan K. Cabai juga mengandung antioksidan yang bisa melindungi Anda dari banyak penyakit dan mengurangi risiko kanker dan meningkatkan kesehatan mata.

Efek panas adalah ‘keunggulan’ cabai dan tidak semua orang bisa tahan dengan panas yang dihasilkan oleh cabai. Efek ini mungkin bisa dinikmati beberapa saat, namun rasa panas ini bisa memicu inflamasi, rasa sakit di perut dan tenggorokan. Bagi beberapa orang, panas pada cabai bisa menyebabkan diare, kram dan gangguan perut lainnya

Baca Juga  Menurut Riset, Penyebar Hoax Biasanya Berpendidikan dan Berpenghasilan Rendah

🌶 Menyebabkan panas hingga saat Buang Air Besar (BAB)

Bagi mereka penikmat cabai, pasti sudah paham mengenai hal ini. Partikel pedas pada cabai tidak sepenuhnya bisa diurai dalam usus sehingga panas cabai bisa dirasakan bahkan saat Anda BAB. Beberapa saluran pencernaan seperti usus dan anus bahkan bisa terkena efek pedas cabai layaknya efek pedas cabai pada mulut

🌶 Mengurangi berat badan

Beberapa studi menunjukkan bahwa capsaicin dalam cabai dapat meningkatkan metabolisme. Tak hanya itu, mengonsumsi makanan pedas bisa menurunkan nafsu makan sehingga Anda bisa menghindari kebiasaan makan berlebihan.

Sumber : VIVA.CO.ID

Berikan Komentar Anda