Udah Tahu Belum Perbedaan Intan dan Berlian, Begini Penjelasannya

Udah Tahu Belum Perbedaan Intan dan Berlian, Begini Penjelasannya

Pengetahuan – Kebanyakan orang sering kali menyebut intan dan berlian tanpa tahu bedanya. Padahal, kedua batu alam tersebut tidaklah sama baik dari bentuk maupun harganya.

Oleh karena itu, mengetahui perbedaannya menjadi penting terutama bagi Anda yang hobi dan hendak berinvestasi dalam perhiasan ataupun batu permata.

Lalu, apa sebenarnya yang membedakan intan dan berlian? Berikut Gresspedia Rangkum dari berbagai sumber:

Intan adalah mineral yang ditemukan di alam yang terbentuk secara alamiah di bumi selama ribuan bahkan jutaan tahun. Intan ini memiliki bentuk, ukuran dan warna yang lebih cemerlang dari batu permata lainnya.

Dalam KBBI bahwa intan dan berlian itu berbeda, Intan adalah batu permata yang berkilauan berasal dari karbon murni dalam bentuk kristal (zat yang terkenal paling keras, dipakai untuk permata cincin, gelang, kalung, giwang, bros, dan sebagainya).

Baca Juga  Tips Mencuci Handuk Agar Tetap Segar dan Lembut Ketika Dipakai

Intan yang merupakan kristal karbon murni sering juga dipakai sebagai alat pemotong kaca, jarum gramofon, dan sebagainya. Intan memiliki skala kekerasan tertinggi (10 MOHs) dan kemampuannya mendispersikan cahaya.

Indonesia sendiri merupakan salah satu dari sedikit negara yang jadi produsen intan dunia, pertambangan intan berlian terbesar yakni berada di Martapura, Kalimantan Selatan.

Intan mentah & setelah pengolahan (sumber: diamondfoundry.com

Sedangkan Berlian adalah intan yang diasah secara baik hingga mengeluarkan kemilau cahaya yang indah.

Untuk mengubah intan menjadi sebuah berlian yang sempurna, diperlukan serangkaian proses yang harus mempertimbangkan ke dalam empat hal. Ada empat hal yang perlu dipertimbangkan tersebut di antaranya adalah cut, color, carat, dan clarity.

Keempat hal tersebut menjadi komponen paling penting dalam pembentukan intan menjadi sebuah berlian, yang nantinya akan diubah lagi menjadi aneka ragam jenis perhiasan.

Baca Juga  5 BAND Yang Pernah Mengibarkan Genre Nu Metal di Indonesia

Nah, sekarang Grestizen sudah tahu bukan bahwa intan dan berlian itu memang berbeda.

Semoga informasi tentang perbedaan antara perhiasan berlian dan intan ini menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah pengetahuan kita semua.

Berikan Komentar Anda