Yuk Ketahui , Beda Ras dan Etnis

ilustrasi ras (sumber: Unsplash)

Pengetahuan – Ras adalah istilah yang kerap ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Ras biasanya dikaitkan dengan karakteristik fisik, seperti tekstur rambut atau warna kulit dan mencakup pilihan yang relatif sempit. Ras adalah konsep yang berkaitan dengan nenek moyang manusia.

Meski biasanya dilihat secara biologis, ras adalah konsep yang tidak memiliki dasar biologis. Beberapa sosiolog percaya bahwa pembagian ras adalah klasifikasi yang lebih didasarkan pada konsep sosiologis daripada prinsip biologis.

Ras adalah konsep yang mulai dikenalkan pada abad ke-18. Selain itu, ras adalah pengetahuan yang kini masih digunakan dalam antropologi forensik (dalam menganalisis sisa tulang), penelitian biomedis dan kedokteran berdasarkan asal usul.

Baca Juga  Stop Unggah Sertifikat Vaksin Di Medsos!

Ras adalah konsep yang berbeda dengan etnis. Istilah ras dan etnis sering digunakan secara bergantian, tetapi, secara umum, artinya berbeda. Berikut pengertian ras dan bedanya dengan etnis.

Pengertian ras secara umum

Secara umum, ras adalah kategori umat manusia yang memiliki ciri fisik tertentu yang berbeda. Menurut KBBI, ras adalah golongan bangsa berdasarkan ciri-ciri fisik. Ras juga didefinisikan sebagai rumpun bangsa. Ras adalah kategori individu yang secara turun-temurun terdapat ciri-ciri fisik dan biologis tertentu yang khas.

Menurut Ensiklopedia Britannica, ras adalah gagasan bahwa spesies manusia dibagi menjadi kelompok-kelompok berbeda atas dasar perbedaan fisik dan perilaku yang diwariskan. Ras biasanya dikaitkan dengan biologi dan dikaitkan dengan karakteristik fisik, seperti tekstur rambut atau warna kulit dan mencakup pilihan yang relatif sempit.

Berikan Komentar Anda
error: Content is protected !!